ENCAR DAIHATSU PALEMBANG (PT. ENCARTHA INDONESIA) | AYLA | XENIA | TERIOS | LUXIO | SIRION | GRANMAX MINIBUS PICK UP |
13May/150

Mobil Sporty Daihatsu Copen Siap Masuk Indonesia

Mobil Daihatsu Copen Terbaru 2015 Masuk Indonesia

Mobil Daihatsu Copen Indonesia. Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia akan menghadirkan mobil barunya. Kali ini yang akan dijual di pasar otomotif nasional bukanlah sembarang mobil, melainkan sosok kendaraan roadster yang diberi nama Daihatsu Copen.Daihatsu Indonesia tampaknya mulai mencoba hal baru dengan menghadirkan mobil ini. Daihatsu Copen yang memiliki dimensi mungil dan dapat dibongkar pasang bodinya ini rencananya akan dirilis pada akhir bulan ini di Tanah Air.

Sebagai informasi, Daihatsu Copen adalah mobil mini sporty andalan Daihatsu. Mobil ini dirancang dengan konsep coupe atau 2 tempat duduk. Menariknya mobil ini memiliki beberapa kelebihan, seperti fitur atap terbuka (convertible roof) dan kemampuan untuk berganti panel body dengan mudah.

Di negara asalnya, Jepang, Daihatsu Motor Company, Ltd (DMC) baru saja meluncurkan Copen generasi terbaru pada 19 Juni 2014 kemarin. Daihatsu Copen terbaru hadir dengan full model change atau ubahan penuh. Mobil baru murah ini merupakan generasi kedua sejak pertama dihadirkan di Negeri Bunga Sakura pada tahun 2002. Saat itu Copen diposisikan sebagai flagship car Daihatsu.

Daihatsu Copen dirancang dan dikembangkan dengan struktur rangka baru yang disebut struktur D-Frame. Struktur rangka ini memiliki tiga keunggulan. Pertama adalah keunggulan dalah hal performa laju kendaraan yang berpadu dengan stabilitas tinggi, serta aman walaupun rooftoop dibuka.

Selanjutnya, panel body dibuat dari bahan resin yang membuat tampilan Copen menjadi lebih menawan. Sedangkan yang terakhir, pemilik dapat mengganti panel body luar sesuai dengan kehendaknya.

Daihatsu Copen 2015 Indonesia 2

“Kita akan memasarkan berdasarkan order masyarakat yang mau saja. Supaya orang-orang Indonesia bisa merasakan naik mobil coupe itu seperti apa,” kata Amelia Tjandra, selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Pada sektor performanya, Daihatsu Copen mengandalkan dapur pacu bensin 12 katup 3 silinder tanpa turbo berkapasitas 660 cc sebagai sumber tenaga penggeraknya. Mesin tersebut dapat menghembuskan tenaga hingga sebesar 64 hp pada putaran 6.400 rpm dengan torsi maksimum mencapai 92 Nm pda 3.200 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan ke roda melalui dua pilihan sistem perpindahan gigi yang dapat dipilih oleh calon konsumen. Pertama adalah transmisi manual 5-percepatan dan kedua transmisi otomatis super aktif CVT 7-percepatan.

Tingkat konsumsi bahan bakar Daihatsu Copen bisa mencapai 22,2 km/liter untuk transmisi manual, sedangkan versi transmisi otomatisnya dapat tembu 26,2 km/liter.

Lantas berapa harga jual Daihatsu Copen ini jika dijual di Indonesia? Untuk hal ini memang belum ada kepastian dari pihak Daihatsu Indonsia. Kendati demikian, bisa dipastikan bahwa mobil ini akan menjadi mobil termahal yang dijual Daihatsu di Indonesia.

Amelia mengungkapkan bawa harga Daihatsu Copen di Jepang mencapai Rp 175 jutaan. Akan tetapi harga tersebut bisa melambung tinggi jika masuk ke pasar otomotif Tanah Air.

Menurut data yang didapat dari Informasi Nilai Jual Kendaran Bermotor, Dinas Perpajakan Prov. DKI Jakarta, terdapat dua tipe Daihatsu, yakni LA400LK-KMPZ AT (transmisi otomatis) dan LA400LK-KMPZ MT (transmisi manual). Untuk Daihatsu Copen transmisi manual nilai jualnya mencapai Rp 284 juta, sedangkan yang transmisi otomatis nilai jualnya sebesar Rp 293 juta.

Harga tersebut belum ditambah dengan pengenaan pajak dan dampak melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS. Kedua hal tersebut akan membuat harga jual Daihatsu Copen menjadi lebih mahal. “Harganya lebih dari Rp 350 jutaan karena Rupiah yang melemah,” jelas Amelia. Baca juga, Daihatsu Copen Indonesia Bisa Dipesan, Daihatsu Copen Indonesia 2015 dan Honda S660 Penantang Daihatsu Copen.

Sumber: Kompas

Filed under: Berita No Comments
13May/150

Daihatsu Indonesia Siap Ciptakan Mobil Khusus Indonesia Sendiri

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim dirinya sebagai satu-satunya pabrikan yang memiliki fasilitas pusat riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia. Lewat fasilitas ini, Daihatsu Indonesia akan memiliki kemampuan menciptakan model baru secara mandiri.

Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM menjelaskan, R&D Center Daihatsu merupakan bentuk komitmen nyata di Indonesia. Lewat fasilitas ini Daihatsu mulai melakukan transfer teknologi kepada engineer lokal.

"Nantinya perubahan full model change (produk baru) Daihatsu akan dibuat oleh engineer kita (Indonesia) untuk konsumen kita juga, targetnya mulai 2019," jelas Sudirman di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (7/5/2015).

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk sebagai salah satu pemegang saham ADM menegaskan, komitmen perusahaan terhadap perkembangan Daihatsu di Indonesia sangat tinggi. Indonesia sudah ditunjuk menjadi basis produksi Daihatsu di luar Jepang, guna memasok produk-produk buatannya ke seluruh penjuru dunia.

Saat ini kapasitas produksi ADM sudah mencapari 530.000 unit per tahun, dan sekitar 60.000 unit di antaranya diekspor ke luar Indonesia. "Jumlah ini sudah 15 persen dari total produksi, pemerintah lantas minta menjadi 30 sampai 50 persen. Kami sudah berada dalam jalur yang benar,"  jelas Prijono.

Selain itu, lewat fasilitas R&D Daihatsu Indonesia, ke depan kemandirian kemampuan rekayasa industri lokal akan semakin meningkat tajam. "Di saat Mr (Koichi) Ina menjabat sebagai Presdir ADM, kami (Astra) meminta selain memasarkan, juga memproduksi, diikuti ekspor, dan akhirnya R&D. Sekarang sudah ada 150 engineer lokal Indonesia yang bekerja di pusat R&D Daihatsu di Karawang, Jawa Barat," beber Prijono. Saat ini, Koichi Ina menjabat sebagai salah satu Komisaris Daihatsu Motor Company (Jepang).

Sumber: Kompas

Filed under: Berita No Comments
13May/150

Daihatsu Indonesia Rayakan Produksi ke 4 Juta Unit

Terios, Mobil 4 Juta Daihatsu di Indonesia
Jakarta -Tepat 7 Mei 2015, Daihatsu sudah memproduksi angka 4 juta unit mobil. Mobil itu adalah mobil Daihatsu Terios. Pencapaian produksi ke 4 juta unit, terhitung sejak produksi perdana tahun 1978.

Seremoni produksi 4 juta ditandai dengan pidato sambutan serta pemberian piagam Penghargaan dari Menteri Perindustrian Saleh Husin, serta pemberian penghargaan dari tiga pemegang saham ADM.

Pencapaian produksi 4 juta unit disumbang oleh produk Daihatsu sebesar 2.076.546 unit (51.9%) dan Toyota sebesar 1.923.454 unit (48.1%) meliputi produk Xenia/Avanza, Terios/Rush, Gran Max, Luxio serta produk sebelumnya seperti Taruna, Feroza, Espas, Zebra, Taft, Delta, Classy dan Charade.

“Pencapaian produksi hingga 4 juta unit merupakan milestone penting ADM. Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk supplier, dealer dan partner. Komitmen positif para shareholder khususnya prinsipal berperan penting atas pencapaian ini. ADM terus melakukan proses transfer teknologi agar kelak putera-puteri bangsa memiliki kemampuan dalam rancang bangun produk otomotif nasional dengan kualitas global,” ujar Presiden Direktur ADM, Sudirman MR.

Turut hadir pada seremoni tersebut Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Chairman of Daihatsu Motor Company (DMC) Koichi Ina, Presiden Direktur PT Astra International Tbk (Astra) Prijono Sugiarto, President of Toyota Tsusho Corporation (TTC) Jun Karube, perwakilan dari Kedubes Jepang Shuichi Akamatsu, serta Presiden Direktur ADM Sudirman MR dan Senior Executive Director ADM Tsuneo Itagaki.

Menteri Perindustrian dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada ADM atas prestasi pencapaian produksi 4 juta unit seraya berharap agar ADM dapat terus berkontribusi pada pengembangan industri otomotif di Tanah Air khususnya pengembangan kapasitas dan kemampuan produksi kendaraan dengan kualitas global dan ramah lingkungan, serta terus melakukan lokalisasi komponen untuk memperkuat struktur industri otomotif nasional dengan terus melakukan proses alih teknologi kepada putera-puteri bangsa Indonesia.

Memasuki usia ke 37 tahun, ADM kini memiliki fasilitas perakitan kendaraan (Assembly Plant) di Sunter dan Karawang Timur dengan total kapasitas produksi mencapai 530.000 unit per tahun. ADM juga memiliki pabrik mesin (Engine Plant) di Karawang Barat.

“ADM memiliki fasilitas terpadu yang mampu melakukan semua proses produksi kendaraan meliputi proses Stamping, Welding, Painting dan Assembling. ADM menerapkan konsep SSC (Simple, Slim & Compact) pada semua fasilitas produksinya.“ ujar Direktur Manufaktur ADM Pongky Prabowo.

ADM telah ditunjuk sebagai basis produksi kendaraan dengan merek Daihatsu dan Toyota untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Saat ini produk ADM telah diekspor ke 48 negara tujuan di Asia, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin, termasuk ekspor Gran Max ke Jepang, negeri yang selama ini dikenal ketat dalam menjaga kualitas.

Hal ini membuktikan bahwa kualitas produk ADM telah memenuhi standard kualitas global. Tingkat kandungan local produk-produk ADM secara rata-rata saat ini mencapai 86%.

ADM bekerjasama dengan 261 perusahaan pemasok komponen Lapis Pertama (First Tier) dan 1.105 pemasok komponen Lapis Kedua (Second Tier) yang melibatkan lebih dari 792.000 karyawan.

Proyek mobil rahasia

Selain itu, Daihatsu juga sudah menyiapkan satu lagi proyek mobil rahasia yang akan menghabiskan investasi sampai Rp 1 triliun.

"Tadi (Kamis) pagi kami telah melakukan board meeting dengan manajemen ADM, dan menyetujui pengeluaran sebesar Rp 1 triliun untuk pengembangan mobil Daihatsu. Ini adalah bentuk komitmen Astra kepada Daihatsu, semoga investasi ini akan menghasilkan hasil yang baik dan produktif," ungkap Presiden Direktur Astra International Prijono Sugianto seperti dikutip CNN, di Jakarta, Kamis (7/5).

Prijono menambahkan, produk baru yang masih dirahasiakan ini diharapkan bisa mulai diproduksi pada 2016 mendatang. Meski enggan menjelaskan lebih lanjut proyek tersebut, namun Prijono memberi bocoran bahwa mobil yang akan diproduksi secara komersil oleh ADM merupakan kombinasi gabungan dari dua jenis mobil.

“Sebut saja mobil dual-based yang akan diberi merek Daihatsu,” katanya.

Sumber: detikOto
Filed under: Berita No Comments
13May/150

New Daihatsu Sirion Mendapatkan 4 Bintang Dalam Tes Keamanan

Uji Tabrak, Daihatsu Sirion Dapat Bintang 4
Kuala Lumpur -ASEAN NCAP, lembaga yang melakukan pengetesan keamanan mobil di ASEAN mengumumkan peringkat Daihatsu Sirion. Sirion mendapatkan rating yang cukup bagus yakni bintang empat baik untuk perlindungan penumpang dewasa maupun anak.

ASEAN NCAP mengetes Perodua Myvi yang juga disebut Sirion di Indonesia. Sirion memang diproduksi di Malaysia. Bintang yang sama diraih Xenia/Avanza.

Untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP) Sirion, meraih 11.55 Point dari total keseluruhan 16.00 poin, sedangkan untuk Child Occupant Protection (COP) meraih nilai 34.83 dari total 49 atau 71%.

Dengan menggunakan New Myvi varian 1300 G model tahun 2015, Uji Tabrak (Test Crash) dilakukan secara frontal dengan kecepatan maksimum 64 km/jam oleh Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) PC 3 Lab di Melaka, Selangor.

Adapun hasil lengkap ASEAN NCAP New Sirion untuk kategori Child Occupant Protection (COP) meliputi Dynamic Test dengan nilai 16.83 dari nilai maksimal 24, CRS Based Assessment mendapatkan nilai maksimal 12, Vehicle Based Assessment mendapatkan nilai 6 dari nilai maksimal 13, sehingga nilai total yang diperoleh sebesar 34.83 dari total 49 atau 71%.

“Kami bersyukur New Sirion berhasil mendapat rating 4 bintang dalam ASEAN NCAP. Kami meluncurkan New Sirion dengan tampilan yang sangat sporty dan fitur keamanan yang lebih baik, lincah bermanuver di jalanan perkotaan di Indonesia, sehingga dapat diandalkan karena memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra
New Sirion di Indonesia tersedia dalam dua varian automatic dan manual dengan 4 pilihan warna yaitu biru, oranye, silver dan putih, dengan berbagai keunggulan, yaitu tampilan bumper & front grille baru, Rear Spoiler dan Muffler Cutter, New Design 2 Din Audio, Audio Steering Switch, serta Retractable Outer Mirror. Tak lupa dari segi keamanan dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Pretensioner & Force Limiter Seat Belt. Mobil dijual mulai Rp 155,825 juta.
Sumber: detikOto
Filed under: Berita No Comments
13May/150

Uji Coba Daihatsu Terios Menggunakan Bahan Bakar Gas

 

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero mengajak sejumlah wartawan otomotif nasional untuk menjajal beberapa mobil operasional yang sudah mengonsumsi gas alam terkompresi (CNG). KompasOtomotif, masuk dalam daftar jurnalis yang diundang dan siap merasakan sensasinya.

"Kami mau membuktikan kalau mobil gas itu aman, nyaman, dan hemat untuk digunakan oleh masyarakat, oleh karena itu tes ini dilakukan," jelas Executive Officer External Communication Assistant Vice President PGN Irwan Andri Atmanto di Kantor Pusat PGN, Gajah Mada, Jakarta Barat, Kamis (15/1/2015).

PGN menyediakan lima unit mobil yang dijadikan tes, dua unit Toyota Innova tipe V transmisi otomatis lansiran 2013, dua unit Daihatsu Terios TX (otomatis tahun 20014), dan Camry V (2013). Setelah dibagi, KompasOtomotif dapat jatah Terios TX yang sudah diaplikasi sistem konversi gas dengan tangki berkapasitas 8 Liter Setara Premium (LSP).

5 menit

Untuk pengetesan kali ini, rute yang diambil adalah dari Kantor Pusat PGN di bilangan Jalan KH Zainul Arifin, Gajah Mada, Jakarta Barat menuju Ancol, Jakarta Utara. Sebelum rombongan berangkat, seluruh mobil dipastikan tangki gasnya terisi penuh.

Lubang pengisian berada di dalam kap mesin, jadi pengemudi wajib mematikan mesin dan membuka kap sewaktu mengisi gas. Untuk kapasitas 8 LSP CNG cuma dibutuhkan waktu 5 menit dari kosong sampai penuh. Mekanisme pengisian ini memang agak berbeda dengan mobil bensin yang tinggal tekan tombol tangki bensin langsung dari balik kemudi.

Tangki gas, tersimpan di bawah dek belakang bagasi Terios dengan besi pengikat khusus yang disiapkan. Pemasangan ini dilakukan supaya tidak mengganggu luas bagasi atau baris jok ketiga yang ada pada Terios.

Ketika tuas kunci diputar, aki terisi, indikator isi gas sudah dipasang di konsol sebelah pengatur spion di dasbor. Dengan lampu hijau, awak redaksi bisa memantau level gas yang masih tersedia di dalam gas. Jika sewaktu-waktu habis, alat konversi akan otomatis mengubah pasokan dari gas ke bensin biasa.

"Sampai saat ini, gas sifatnya masih sebagai bahan bakar sekunder. Jadi yang utama masih menggunakan bensin," tukas Ridha Ababil, Vice Presiden Corporate Communication PGN kepada awak media.

Pengisian BBG untuk tangki 8 LSP hanya butuh 5 menit.

Nyaman

Di saat seluruh rombongan sudah siap, kami mulai melakukan perjalanan menuju lokasi tujuan, Ancol. Perjalanan di tempuh lewat jalan umum bukan bebas hambatan, melalui Gajah Mada, Fatahilah, BEOS, Mangga Dua, dan Ancol.

Selama berada di balik kemudi, rasa mengemudikan mobil berbahan bakar gas nyaris sama dengan bensin. Melewati kepadatan lalu lintas di dapan Museum Fatahilah, karakter stop and go dihadapi tanpa masalah. Dengan tuas transmisi bertahan di posisi "D", torsi awal dari posisi mobil berhenti terasa penuh.

Masuk ke Jalan Raya Mangga Dua, kondisi lalu lintas mulai lenggang, pada waktu ini juga, kami mencoba "kick down" untuk merasakan sensasi akselerasinya. Ternyata, memang sedikit agak "lemot" ketimbang jika mengonsumsi bensin. Tapi, secara garis besar kenyamanan masin tetap terjaga.

Setibanya di lokasi, KompasOtomotif coba mengonfirmasikan hal ini pada pihak PGN yang didampingi Budi Prasetyo Susilo, Staf Ahli Gaikindo. Ternyata, perasaan "lemot" yang diperoleh ketika "kick down", menurut pihak PGN terjadi karena setiap pemasangan alat konversi butuh penyesuaian ulang (tunning) terhadap asupan gas yang dibutuhkan ruang bakar.

"Mungkin memang converter kit-nya belum di-tunning. Kalau saya rasakan mobil gas ketika di Jepang. Sensasinya sama sekali tidak ada bedanya dengan mobil bensin, karena memang butuh tunning yang pas," jelas Budi. Penjelasan ini cukup masuk akal, karena meskipun CNG diklaim lebih bersih dan punya oktan setara dengan 120, tetap saja karakter jenis bahan bakar yang semua cair menjadi gas, butuh penyesuaian lagi.

Kesimpulan

Meski pengujian mobil gas ini singkat, bisa disimpulkan kalau penggunaan mobil gas sama nyamannya dengan mobil konvensional. Keamanan juga bisa terjaga karena berat massa CNG lebih ringan ketimbang udara, sehingga jika terjadi kebocoran langsung menguap ke udara. Jadi, selama konsumen tidak melakukan modifikasi sendiri dan merawat secara berkala, tidak perlu khawatir meledak.

Terakhir, mobil gas juga menawarkan biaya pengeluaran harian jadi lebih ringan. Misalnya, dengan asumsi Terios rata-rata konsumsi BBMnya, 11 kpl, maka dengan 8 LSP bisa menempuh jarak 88 km dengan biaya 50 persen lebih murah ketimbang bensin. Acuannya, saat ini Premium dijual dengan harga Rp 7.500 per liter, sedangkan CNG dipasarkan dengan Rp 3.100 per LSP.

Indikator volume BBG pada tangki bisa dipantau langsung dari konsol di dasbor.

Sumber: Kompas

Filed under: Berita No Comments
13May/150

9 Daihatsu Xenia Lawas Terlahir Kembali

Puncak program Pesta Sahabat Daihatsu yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) digelar Sabtu (6/12/2014), dengan menghadirkan sembilan pemilik setia Xenia generasi pertama atau sejak 2004 silam. Sembilan pemilik Xenia ini diberi kejutan setelah mobilnya didandani menjadi tampak seperti baru kembali.

Pesta Sahabat Daihatsu adalah program tahunan yang dilakukan ADM, dan sudah berjalan di tahun ketiga. Acara dikemas dalam bentuk malam apresiasi kepada para Sahabat Daihatsu pemenang berbagai kompetisi dan aktifitas empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) Daihatsu dari berbagai kota.

Perayaan 10 Tahun Xenia dengan tema “Bertumbuh Berbagi Bersama Bangsa” telah berlangsung selama 10 bulan yakni pada periode Maret-Desember 2014. ADM menggelar 10 Program Kegiatan, di 10 kota besar, dengan hadiah utama 10 unit Xenia. Semua dipersembahkan sebagai apresiasi khusus bagi para pengguna setia Xenia di seluruh Indonesia.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Kesembilan pemilik Xenia lansiran 2004

Sembilan pemenang Program Xenia Setia ini merupakan program apresiasi bagi perorangan pemilik Xenia dengan tahun produksi tertua, tahun pemakaian terlama, kilometer pemakaian terpanjang dan yang melakukan perawatan berkala secara rutin di bengkel resmi Daihatsu. Kesembilan Xenia Setia terpilih telah direkondisi menjadi Xenia baru dan diserahkan kembali kepada pemiliknya secara gratis.

"Pemilik Xenia paling setia ini kami berikan kejutan dengan menjadikan mobil seperti baru kembali. Semua bagian mobil yang rusak kami ganti, baik eksterior, interior, mesin atau komponen lainnya," jelas Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Amelia melanjutkan, Pesta Sahabat Daihatsu sebagai ungkapan syukur dan penghargaan kepada pelanggan setia Daihatsu yang telah menjadikan Daihatsu sebagai Sahabat Bangsa Indonesia. Tahun ini Daihatsu telah Bertumbuh dengan produksi mencapai lebih dari 500.000 unit atau 40 persen dari total pasar domestik tahun 2014 ini.

"Selama 6 tahun terakhir secara berturut-turut Daihatsu berhasil menduduki ranking ke-2 pangsa pasar mobil nasional. Daihatsu juga telah Berbagi Bersama Bangsa dengan melakukan program CSR secara berkesinambungan,” tutup Amelia.

Sumber: Kompas

Filed under: Berita No Comments
13May/150

Inspirasi Modifikasi Daihatsu GranMax Pick Up

Modifikasi Pickup Daihatsu Grand Max Jadi Lebih Gaul

Pickup Daihatsu Grand Max Modifikasi. Semakin lama orang yang memodifikasi kendaraannya juga semakin banyak. Memodifikasi mobil menjadi sebuah kebiasaan yang harus dilakukan bagi sebagian orang. Beragam ide dan referensi bermunculan, baik melalui dunia maya maupun media cetak. Bagi Anda yang ingin memodifikasi mobil dengan konsep unik, Anda bisa melirik mobil modifikasi berikut ini. Mobil milik Gunter Napitupulu ini adalah sebuah kendaran kelebihan pick-up Daihatsu Gran Max yang sejatinya digunakan untuk mengangkut barang. Namun berkat kreatifitas dari sang pemilik, mobil ini disulap dan berubah menjadi sosok yang benar-benar unik dan beda.“Awalnya cuma iseng ganti pelek, eh keterusan sampai kayak gini, heheee…,” kata pria yang memiliki sapaan akrab Une ini. “Seru juga kalau modifikasi pick up, kalau sedan atau lainnya kan sudah biasa,” tambahnya.

Usai melakukan ubahan pada bagian pelek lebar dan celong, tak lantas membuat pria yang berdomisili di Joglo, Jakarta Barat ini merasa puas. Ia menyematkan overfender tambahan, sementara bagian bak dibuat semakin berisi dengan memanfaatkan bahan pelat. Dengan demikian sisi bawah bak menjadi rata dengan kabin. Over fender yang digunakan menyatu dengan bodi agar terkesan wide body. Kemudian bagian tersebut dilabur dengan cat putih, beserta lis coklat.

Setelah sentuhan modifikasi pada bagan bodi selesai dilakukan, Une merasa ground clearance mobilnya terlalu tinggi. Oleh karena itu sang pemilik memutuskan untuk melakukan ubahan pada bagian kaki-kaki. “Per depan di-custom, sedang per daun belakang dipres. Sokbrekernya depan pakai Alco yang lebih pendek 3 cm, sekalian camber dibikin minus 3. Untuk belakang pakai Kayaba Ultra,” kata Une. Untuk pengerjaannya, pria yang berusia 30 tahun ini mempercayakannya ke bengkel Sukarindik Jaya Per yang berlokasi di kawasan Joglo Jakarta Barat.

Setelah selesai memodifikasi bagian ekskterior, kurang lengkap rasanya jika tidak melibatkan perubahan di sisi interior. Alhasil Une merombak bagian kabin agar terlihat lebih nyaman sekaligus menarik. Pertama-tama, bagian jok dan door trim dibalut dengan baan semi kulit. Setelah itu sang pemilik menyematkan audio, berikut subwoofer yang diletakkan di bagian bawah dasbor mobil.

Modifikasi Daihatsu Gran Max 2012 2

Walaupun tampilannya kini terlihat jauh lebih menarik dan beda, rupanya sang pemilik tidak serta-merta mengubah fungsi mobil pick-up miliknya ini. Une tetap menggunakan mobil ini sebagai pengangkut barang. “Fungsi tetap nomor satu, masih bisa mengangkut galon 30 buah tuh. Kalau enggak bisa bawa barang, emak bisa marah, hihihi…,” jelas Une.

Sekedar informasi, Daihatsu Gran Max Pick Up yang dijual di pasaran ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1.3 liter dan 1.5 liter. Mesin tersebut menggunakan teknologi DOHC dengan 4 silinder segaris dan 4 katup setiap silindernya.

Supai bahan bakarnya telah menggunakan teknologi fuel injection sehingga hemat bahan bakar namun memiliki performa yang maksimal. Agar suhu mesin tetap stabil dan optimal, Daihatsu membenamkan sistem pendingin air pada mesin mobilnya.

Untuk mesin 13 liter dapat menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 11,7 Kg.m pada putaran 4.400 rpm. Sedangkan mesin 1.5 liter mampu menghasilkan tenaga hingga 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 13,7 Kg.m pada 4.400 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan melalui sistem transmisi 5-percepatan.

Spesifikasi mobil modifikasi Daihatsu Gran Max 2012:

  • Pelek : BBS replika 8 x 18 inci & 9 x 18 inci
  • Pelek : Achilles ATR Sport 215/35R18 & 215/40R18
  • Sokbreker : Alco & Kayaba Ultra
  • Spion : Daihatsu Luxio
  • Setir : Nardi Lapis
  • jok : Murano
  • Head unit : Pioneer DEH P5050UB
  • Speaker : Infinity
  • Subwoofer : Rockford Fosgate 10”
  • Capasitor bank : Venom
  • Power monoblock : OWL
  • Power 4 channel : Performa

Sumber: OtomotifNet

Filed under: Modifikasi No Comments
13May/150

Daihatsu Wake – Mobil Kei Car dari Daihatsu

Kei-Car Daihatsu Wake Terbaru, Beberapa waktu yang lalu Indonesia disapa oleh sosok mobil mungil besutan Suzuki yang diberi nama Suzuki Hustler. Dan kini giliran automaker ternama asal Jepang lainnya, Daihatsu yang memperkenalkan mobil terbarunya yang dijuluki Daihatsu Wake.

Mobil kei-car merupakan model yang sedang naik daun di Negeri Bunga Sakura. Oleh karena itu Daihatsu mengikuti jejak Suzuki untuk terjun di segmen ini. Daihatsu Wake menerapkan desain seperti model Deca Deca yang sebelumnya dihadirkan pada perhelatan Tokyo Motor Show tahun 2013 kemarin. Kei-car besutan Daihatsu ini digadang-gadang mempunyai visibilitas dan kapasitas yang lega untuk ukuran mobil perkotaan.

Kei-Car Daihatsu Wake 2015 2

Berdasarkan berita yang dilansir oleh indianautosblog, Daihatsu telah memberikan informasi bahwa mobil andalan terbarunya tersebut akan ditawarkan dalam dua jenis jantung mekanis. Pertama, varian mesin yang memiliki kapasitas sebesar 660 cc DOHC yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 51,26 hp. Sementara pilihan kedua adalah mesin serupa yang dipadukan dengan turbocharged yang mampu menggelontorkan tenaga sebesar 63 hp.

Kedua jenis mesin tersebut telah dibenamkan dengan teknologi transmisi CVT (Contiuously Variable Transmission) gearbox yang dikombinasikan dengan dua jenis sistem penggerak yakni 2WD dan AWD yang diperuntukkan bagi konsumen yang mengutamakan segi keiritan bahan bakar dan performa mobil.

Disamping menawarkan dual options performances, Daihatsu juga menghadirkan warna dinamis untuk para pelanggannya seperti dual-tone shades dan 8 pilihan warna eksterior lainnya.

Sumber: IndonesiaAutosBlog

Filed under: Berita No Comments
13May/150

Review New Daihatsu Sirion oleh Bang Yuda Kusuma

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

Pertama di sektor eksterior ya, model Sirion ini punya perbedaan yang cukup signifikan dibanding versi lawas ya… Misal menengok dari depan terlihat grille dan headlamp dengan model yang berbeda. Lampunya mengadopsi projector walau belum HID namun sudah ada LED DRL plus foglamp. Grille baru menganut model trapezodial… hmmm agak semi semi ayla ya… tapi dibuat dengan motif carbon dan honeycomb jadi gahar mas bro. 😯

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

Menengok ke samping sebenarnya ngga terlalu banyak berubah… ada lis chrome dan door handle chrome untuk mempermanis tampilan. Mobil City Car Paling Irit Terbaik 2015 ini juga sudah dilengkapi dengan talang air. Melihat kaki kaki, doi dibekali velg 14” dengan 5 spoke dan dibalut ban Goodyear 175/55 R14. :roll:

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

Bagaimana dengan model belakang mobil Daihatsu Sirion ini? well… tidak berbeda signifikan dibanding model di depannya. Namun ubahannya cukup terasa, pertama kita menemukan backlamp sudah diberi detailing chrome plus LED selain itu ada roof spoiler yang desainnya agresif dan bumper belakang dengan mata kucing dan airscoop yang lebar serta muffer tip agar lebih ciamik. 😉

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

Sudah puas melihat ubahan maka kita mencoba untuk masuk ke dalam interior Daihatsu Sirion. Ubahannya apa aja? cukup banyak lur… pertama dari dashboardnya yang dulu bernuansa two tone dengan krem, sekarang menjadi hitam dengan center console silverstone. Audio pun berbeda, kini lebih simpel dengan fitur CD, MP3, Aux, USB connection, dan Bluetooth. Selain itu instrument cluster berubah warna dari yang awalnya biru cerah menjadi oranye yang menonjolkan karakter sporty. 😎

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

Setirnya pun berbeda dengan pendahulunya yang mengambil three spoke steer dari Avxen. Modelnya kini berbobot dan diberi sentuhan jahitan kulit sintetis, oh ya disini ada steering switch controlnya jadi mudah mengoperasikan audio dengan setir. Selain itu tuas transmisi juga diberi aksen jahitan. Oh ya doi sudah dilengkapi tilt steering kok. Soal safety juga sudah dilengkapi dual airbag dan pretensioner safety belt serta parking sensor di depan dan belakang. 😉

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com      review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

Review Daihatsu Sirion 2015 by Yudakusuma.com 36

Saat beralih ke kursinya, modelnya kini lebih berkontur dan ada motif merah dan jahitan sehingga memberi nuansa sporty. Kontur busanya pun empuk. Namun yang menjadi fokus penuliz di Daihatsu Sirion adalah kepraktisannya yang amazing lah. Pertama ada cup holder di dua tempat, glove box juga lumayan besar, masing masing doortrim ada penyimpanan dan cup holder, console box pun hadir, ada pula penyimpanan di bawah kursi penumpang depan. Masih kurang? di belakang kursi baris depan ada tempat penyimpanan majalah dan hook dan disamping kursi pengemudi depan masih ada hook lagi. 😛

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com      review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com      review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

Soal kenyamanan… seperti yang sedulur lihat sendiri pada saat orang orang ini nyemplak di kursi depan n kursi belakang Sirion, tergolong lega kok. Sayang kursi belakang belum dilengkapi headrest… cukup penting saat berkendara jarak jauh… 😐

Geser ke bagasi, ternyata mobil Sirion ini sudah dilengkapi dengan tray cover dan jaring di bagasinya. Bicara soal dimensi, bagasinya sirion ya cukupan lah buat menaruh barang belanjaan atau galon 4 buah mungkin. Selain itu masih ada tempat penyimpanan di samping bagasi dan ban serep bertipe space saver. :roll:

 review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com      review daihatsu sirion 2015 by yudakusuma.com

Saatnya buka mesin, saat dibuka alangkah kagetnya penuliz dengan finishing dari Mobil Anak Muda Paling Irit Terbaik 2015 ini, begitu rapi jali tanpa terlihat adanya dempul or las lasan yang tidak rapi. Menilik spesifikasi Daihatsu Sirion, sejatinya mobil ini bermesin K3-VE yang serupa dengan mesin Avxen. Berkubikasi 1300cc VVT-i 4-silinder 16 valve meletupkan tenaga 92 hp @ 6000 rpm dan torsi 120 nm @ 4400 rpm. So gimana saat dibawa berkendara? 😀

Review Daihatsu Sirion 2015 by Yudakusuma.com 33

Review Daihatsu Sirion 2015 by Yudakusuma.com 34

Yah bicara karakternya sirion sih kalau pakai K3-VE ya sudah tidak asing lagi sih… Mesin ini termasuk favorit penuliz, memang enak di putaran bawah ke menengah… akselerasinya semakin baik berkat penggerak roda depan. Mungkin yang kurang cuma perpindahan transmisi pada tipe manualnya yang kurang halus. Bagaimana dengan suspensi? ya Daihatsu Sirion indonesia ini mempunyai suspensi yang berbeda dengan versi lama. Bila Sirion lawas terkenal kekerasannya, kalau ini sudah moderat lur… Jadi cukup nyaman dipakai di jalan yang kurang halus sampai jalanan yang tidak nyata.

Sumber: Yuda Kusuma

Filed under: Review No Comments
13May/150

Modifikasi Daihatsu Luxio Sloper

Agak canggung memang menyebut nama Daihatsu Luxio Sloper. Namun ketika tahu artinya, kita pasti akan paham. Nama Sloper diambil dari kata slope yang artinya dakian (tanjakan) atau bisa juga melandai. Tidak salah jika Luxio dilengkapi sloper atau bidang miring khusus sebagai akses masuk bagi pengguna kursi roda baik karena disabilitas atau lanjut usia.

Memang mobil yang dimodifikasi agar bisa memenuhi kebutuhan khusus ini mulai marak belakangan ini. Beberapa merek menyediakan va­rian khusus ini pada model yang sudah dipa­sarkan sebelumnya.

Daihatsu menyediakan varian khusus ini untuk Luxio. Menurut Satriyo Head Development Project Team PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Luxio terpilih mengadopsi konsep ini dibanding Gran Max berdasarkan hasil survei. "Kami pilih Luxio karena dari hasil survei ke rumah sakit dan keluarga-keluarga yang memiliki anggota difabel, rata-rata menggunakan Toyota Alphard atau Nissan Elgrand. Jadi inilah alasan kami memilih konsep sloper di MPV teratas kami Luxio."

Dibanding Gran Max, Luxio punya beberapa kelebihan. Yang terutama adalah desain pintu belakang yang terbuka ke atas. Dengan bukaan ke atas layaknya hatchback itu, Luxio jauh lebih mudah ketika membuka dan melipat sloper. Berbeda dengan Gran Max yang pintu belakangnya terbuka ke samping. Hal ini jelas mempersempit mekanisme kerja sloper.

Kehadiran Luxio Sloper perdana saat di Indonesia International Motor Show 2014 juga menuai respons positif. PT ADM bahkan memberi mobil ini tagline istimewa, exclusive wagon for handicap person.

Dedikasi bagi pengguna kursi roda agar tetap nyaman saat naik mobil jelas setimpal meski bobot mobil naik sampai 20 kg.

Mekanisme sloper di Luxio juga diklaim kokoh. Bagian ini telah dilengkapi sebuah kabel baja untuk menarik kursi roda yang bersumber tenaga dari motor listrik. Jika kursi roda dan orangnya sudah naik, maka kursi roda itu akan secara otomatis terkunci sehingga orang yang ada di kursi roda itu tetap aman selama berkendara. Satu lagi, kontrol sloper itu juga bisa dikendalikan via remote.

Mengacu pada Daihatsu Tanto buatan Daihatsu Motor Company di Jepang, sudut kemiringan sloper dianjurkan 14 derajat. Dikalkulasi dengan tinggi mobil, maka panjang sloper mencapai 2 meter.

Selain sloper, fitur pe­ngaman kursi roda juga sudah dipikirkan Daihatsu. Di kabin terdapat titik untuk mengunci kursi roda tersebut, sehingga selama perjalanan tidak berguncang atau meluncur ke belakang.

Meski banyak manfaat, akses kursi roda memang harus mengorbankan kompartemen di kabin. Pertama ialah jok di belakang pengemudi dan bangku baris ketiga bagian kanan. Sementara bangku baris ketiga di kiri dilipat agar akses masuk dan keluar pengguna kursi roda lebih leluasa.

Luxio Sloper hadir dalam warna eksterior Metallic Black dan sentuhan Elegant Leather di interior. Jika Anda menginginkan prototipe ini, biaya modifikasinya diperkirakan mencapai Rp 100 juta. Maskapai pe­nerbangan terbesar milik pemerintah Indonesia bahkan sudah menggunakan 2 unit sloper di Bandara Soetta untuk membawa orang sakit atau difabel.

Sumber: Autobild

Filed under: Modifikasi No Comments
Page 1 of 3312345...102030...Last »