ENCAR DAIHATSU PALEMBANG (PT. ENCARTHA INDONESIA) | AYLA | XENIA | TERIOS | LUXIO | SIRION | GRANMAX MINIBUS PICK UP |
12Mar/120

Daihatsu Akan Hadirkan Sirion 1500cc?

Pabrikan Jepang yang punya banyak varian mobil imut di negeri asalnya ini sepertinya juga menyiapkan varian terbaru dari line-up mobil kecilnya. Dalam hal ini adalah Daihatsu Sirion. Kemungkinannya, hatchback bermesin 1.300 cc ini akan mendapatkan penyegaran tahun ini.

Salah satunya dengan menghadirkan Sirion special edition. “Saat ini memang masih dalam tahap persiapan,” ujar Rio Sanggau, National Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor. Kayak apa bentuknya? Bisa diprediksi sedikit dengan melirik ke Malaysia. Seperti sudah dilansir sebelumnya di Negeri Jiran, Perodua memperkenalkan varian Myvi SE 1.5 dan Extreme 1.5.

Kemungkinan hadirnya Daihatsu Sirion bermesin 1.500 cc semakin jelas. Seperti harapan para jurnalis dalam acara Journalist Test Drive di Kuala Lumpur, Malaysia, banyak yang berharap bertemu varian itu.

Uniknya, sesampai di Indonesia, Sirion hanya mendapatkan polesan bodi dan pelek dalam paket Sirion Deluxe. Nah, buat penggemar hatchback ini dan berharap punya model berperforma lebih tinggi, bisa nantikan versi special edition-nya.

Menilik spesifikasi teknis Perodua Myvi SE 1.5, bisa jadi mirip Sirion yang akan hadir nanti. Misalnya mesin K3-VE 1.300 cc empat silinder bertenaga 90 dk/6.000 rpm dan torsi 116 Nm/4.400 rpm sudah pasti diganti.

Sumber tenaganya, mesin 3SZ-VE 1.500 cc DVVT. Spesifikasi pada Myvi SE 1.5 adalah 101 dk/6.000 rpm dan torsi 136 Nm/4.400 rpm. Artinya, mesin baru Sirion lebih bertenaga lebih dari 10 dk.

Sudah pasti tarikan akan berbeda dengan sebelumnya. Hanya sayang, bagaimana wujudnya nanti ketika sampai di sini belum bisa diprediksi. Apakah akan menganut bodi yang sama dengan Perodua Myvi SE 1.5 atau Myvi Extreme 1.5 atau beda dari keduanya.

Model ini bisa ikutan ‘bermain’ di kelas 1.500 cc yang sudah penuh. Kalau lebih murah, menarik, kan?

Sumber: Otomotifnet.com

Filed under: Gosip, Product No Comments
30May/110

Daihatsu Xenia Listrik Lahir Bulan Juni

Gambar
Beijing - Bila di Indonesia Daihatsu masih terus ragu-ragu untuk merombak total mobil sejuta umat, Xenia, di China beda lagi. Xenia di negeri tirai bambu tersebut malah akan dibuatkan sebuah Xenia versi listrik.

Partner Daihatsu di China, First Automobile Works (FAW) berencana akan segera menghadirkan sebuah versi plug-in electric untuk Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan mereka ini yang jika di China disebut Senya ini.
Dengan lahirnya mobil ini seperti dilansir China Car Times, Jumat (13/5/2011) bisa jadi Xenia listrik akan menjadi salah satu mobil listrik murah.

Rencananya mobil ini akan lahir ke dunia pada bulan Juli mendatang. Selain melahirkan Xenia listrik, Faw juga akan mengeluarkan mobil hybrid, Besturn B70 sedan.

Namun nampaknya produksi Xenia listrik belum akan digenjot sebesar produksi Xenia versi mesin konvensional. Hal itu mengingat konsumen yang masih beradaptasi dengan teknologi listrik terkini.

Selain itu, kepastian lahirnya Xenia listrik juga makin menguat karena ada kabar yang mengatakan bahwa pemerintah Changchun City sudah memesan mobil ramah lingkungan kepada FAW. Jadi kelahiran Xenia listrik ini tentu akan pula menjawab order pemerintah tersebut.

Sumber: detikOto

30Mar/100

Daihatsu Boon Luminas Ada di Jakarta?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut, hingga saat ini belum berniat memboyong low Multi Purpose Vehicle (MPV) anyar besutan Daihatsu Boon Lumnas ke tanah air. Bukan karena khawatir mobil itu bakal memangsa pasar varian lain yang dipasarkan PT ADM, namun harga mobil itu dirasa masih kemahalan.

"Harganya nggak kompetitif, kalau kita melihat pasar di tanah air. Karena itu, kami berpikir lebih baik nggak memaksakan membawanya ke Indonesia," tutur Elvina Afny, Koordinator Pemasaran Domestik PT ADM saat dihubungi Tempo, di Jakarta, Selasa (30/3).

Harga MPV yang di Malaysia telah diluncurkan November 2009 lalu itu, bila dibawa ke Indonesia diperkirakan mencapai Rp 250 juta. Sementara di Malaysia dibanderol 55.490 ringgit atau sekitar Rp 166,4 juta dan 64.190 ringgit atau sekitar Rp 192 juta. "Jadi kami belum berpikir untuk membawanya ke Indonesia," aku Elvina.

Namun sekitar pukul 11.45 WIB, saat Tempo melintas di koridor Tomang Harmoni, tepatnya di perempatan Jalan Suryopranoto mendapati Boon Luminas anyar yang persis di depan kendaraan Tempo. Luminas berkelir biru telur asin itu menggunakan plat nomor B 366 QR, yang artinya masih sementara.

Bahkan, saat berhenti di perempatan Harmoni, dan Tempo berada disamping model anyar Dahatsu itu, terlihat jok, dashboard, dan berbagai kelengakapan yang ada masih gres. Tempo pun berusaha untuk memastikan apakah mobil itu sedang uji coba dengan menanyakan ke pengemudi. "Tes drive, rutenya mana?..," teriak Tempo dengan membuka jendela.

Namun, tak ada jawaban pasti dari pengemudi selain anggukan kepala yang entah apa artinya. Saat dikonfirmasi ihwal Boon Luminas yang melintas di Tomang - Harmoni itu, Elvina mengatakan, Luminas itu adalah satu-satunya di Indonesia. "Itu milik salah satu anggota BOD (board of director) kami yang dibeli dari importir umum. Mungkin digunakan anaknya," aku dia.

Lantas bagaimana dengan plat nomor yang masih menggunakan nomor sementara? "Itu masih menunggu nomor aslinya jadi," sebut Elvina.

Boon Luminas dibekali mesin 1.500 cc 3SV-VE bertenaga hingga 103 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 136 Newton Meter (Nm) pada 4.400 rpm. Di Malaysia, MPV ini ditawarkan dalam dua varian.

Pertama tipe standar bertransmisi manual dan otomatis. Kedua, tipe premium dengan sistem transmisi manual dan otomatis. MPV yang memiliki panjang 2,55 meter (m), lebar 1,415 m dan tinggi 1,310 m itu di Malaysia disebut dengan Perodua Alza.

Sumber: Tempo

22Mar/100

Daihatsu Siap Produksi Mobil Murah di Tahun 2011

Mungkin ada salah satu di antara model ini yang akan diproduksi sebagai mobil murah

Geliat produsen asal Jepang, Daihatsu dalam memproduksi mobil murah makin terungkap setelah Menteri Perindustrian MS Hidayat dan rombongan dari Indonesia melakukan pertemuan dengan pihak prinsipal di Tokyo Jepang, pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut, diketahui pihak Daihatsu sudah mulai mempersiapkan sarana produksi mobil terjangkau dan ramah lingkungan (low cost & green car).

Seperti diketahui, ada tiga merek mobil asal Negeri Matahari Terbit yang menyatakan siap untuk ikut serta dalam program low cost & green car garapan pemerintah Indonesia. Ketiganya itu, Toyota, Daihatsu, dan Suzuki (baca kompas.com: Tiga Produsen Mobil Siap Produksi Mobil Murah, 23/11/2009).

Menteri Perindustrian MS Hidayat menjelaskan, di Tokyo pertemuan berlangsung dengan pimpinan dari pihak Toyota. Selanjutnya, berkunjung ke pabrik Daihatsu di Osaka sekaligus membicarakan soal rencana low cost & green car untuk Indonesia.

"Tercapai kesepakatan, akan dirintis mulai tahun ini dan produksi mulai tahun depan. Harga mobil kira-kira 7.000-8.000 dollar AS (sekitar Rp65-75 juta) per unit. Itu tahun depan diluncurkan," ujar Hidayat saat dihubungi Kompas.com, Minggu (21/3/2010).

Ikut dalam rombongan, Panggah Susanto selaku Direktur Industri Alat Transportasi Darat dan Kedirgantaraan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menambahkan, pada umumnya Indonesia berharap kedua pabrikan tetap memilih Indonesia sebagai basis produksi di kawasan ASEAN. Selain itu, lanjutnya, Menperin juga meminta agar pihak prinsipal bisa melakukan pendalaman struktur industri otomotif Indonesia.

"Bukan hanya sekedar kandungan komponen lokal yang diperbesar, tapi juga masuk ke R&D (litbang), khususnya dibidang rancang bangun otomotif," jelas Panggah.

Tahun ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan akan menanamkan investasi tambahan baru senilai Rp250 miliar. Tujuannya, meningkatkan kapasitas produksi pabrik di Sunter dari 220.000 unit menjadi 286.000 unit pada tahun 2011 mendatang. Tapi, pabrikan mengelak kalau dana yang digunakan merupakan langkah persiapan produksi mobil murah.

Saat coba dikonfirmasi kompas.com, Vice President Director Sudirman Maman Rusdi ADM belum bersedia memberikan komentar lebih lanjut.

Sumber: Kompas

Tagged as: , No Comments
19Feb/100

Daihatsu Sirion Generasi 2?

8
6
3
lin_grademainmimg_001
lin_mimg_001
5
1
2
lin_grademainmimg_003
4
lin_grademainmimg_002
7
lin_img_001

13Nov/090

Daihatsu Terios Limited Edition Hadir Akhir Tahun

Gambar

Jakarta - Seperti tidak mau kalah dengan saudara kembarnya Toyota Rush yang sudah berbenah, penampilan Daihatsu Terios pun akhirnya juga akan dibenahi. Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Daihatsu itu rencananya akan tampil dengan wajah baru pada bulan Desember mendatang.

"Kami usahakan varian Terios baru ini bisa keluar tahun ini, karena itu memang target kami," ujar sumber detikOto di PT Astra Daihatsu Motor (AHM), Jumat (13/11/2009). Lebih lanjut sumber tersebut menjelaskan bahwa Terios anyar yang akan keluar ini merupakan sebuah edisi terbatas atau limited edition. "Dengan beberapa perbedaan dengan tipe yang saat ini ada di pasaran," cetusnya.

Si sumber juga mengatakan bahwa dengan berbagai tambahan penyempurnaan versi limited edition dari Terios ini dipastikan akan memiliki tampilan yang jauh berbeda dengan varian yang ada sekarang. "Jadi ketika orang melihat Terios yang limited edition ini orang itu pasti akan langsung tahu, 'Oh ini memang berbeda'," bebernya.

Namun ketika ditanya mengenai banderol yang akan ditetapkan ADM untuk produk anyarnya ini, si sumber menjelaskan bahwa hingga saat ini ADM masih melakukan negosiasi harga dengan berbagai pihak untuk mencari harga yang pantas. "Jadi hingga saat ini harganya belum ada, karena itu saya belum berani menjelaskan perbedaan harganya ataupun spesifikasi yang lebih detail, karena semua masih dibicarakan," pungkasnya.

Sumber: detikOto

25Oct/090

MPV Daihatsu Boon Luminas Rakitan Negeri Jiran Seharga 155-186 Juta?

Mungkinkah Produk Ini Masuk Ke Tanah Air Seperti Daihatsu Sirion?

1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1

Filed under: Gosip No Comments
25Oct/090

Mobil Kompak & Murah dari Daihatsu

Daihatsu berusaha memboyong teknologi ramah lingkungan dan mesin yang efisien agar harga bisa ditekan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kerja sama dua pabrikan mobil nasional antara PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor untuk memproduksi mobil murah di Indonesia semakin nyata. Kemungkinan tersebut diungkapkan induk kedua perusahaan, PT Astra International Tbk atau AI.

Prijono Sugiarto selaku Direktur AI mengatakan hal tersebut dalam perbincangan bersama Kompas.com, baru-baru ini di Karawang. “Mudah-mudahan kerja sama Toyota-Daihatsu berlanjut lagi. Keduanya sudah membuktikan, sukses memproduksi mobil seperti  Avanza-Xenia dan Rush-Terios,” jawab Prijono ketika ditanya tentang rencana mobil murah Daihatsu dan Toyota.

AI mewujudkan rencana tersebut karena pemerintah tengah mempersiapkan kebijakan untuk produksi mobil murah dan ramah lingkungan. AI mengaku siap berinvestasi jika penelitian yang sedang dilakukan membuahkan hasil positif.

“Diperlukan investasi setidaknya 100 juta dollar AS untuk memproduksi mobil baru. Kalau peraturan dari pemerintah sudah keluar dan memungkinkan, maka itu pasti akan dilakukan,” ujar Prijono.

Lebih lanjut dijelaskan, diperlukan waktu paling kurang dua setengah tahun untuk mempersiapkan produksi mobil baru. Langkah konkret pemerintah mengeluarkan kebijakan mobil murah harus segera diwujudkan dengan perhitungan matang.

“Belum ada kepastian apa pun. Sampai sekarang masih dalam tahap perhitungan. Sebelum peraturan dari pemerintah keluar, kami belum bisa menentukan apa-apa,” ungkap Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR, saat dikonfirmasi mengenai hal ini.

Sementara itu, mereka menampik kabar bahwa Daihatsu memiliki kemungkinan memboyong teknologi mobil irit dengan konsumsi bahan bakar 30 km per liter bernama e:S  (eco & smart) untuk mobil murah. Pasalnya, teknologi yang digunakan produk tersebut sangat tinggi sehingga memerlukan biaya yang sangat tinggi untuk produksi massal.

Sumber: Kompas

Filed under: Gosip No Comments
25Oct/090

Xenia 1.3 Automatic Akan Diluncurkan Bulan November

Gambar

Bandung - Kabar yang menyebutkan kalau Daihatsu tengah menyiapkan Xenia matik bukan isap jempol belaka. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui bahwa mereka memang akan mengeluarkan Xenia bertransmisi otomatis pada bulan November mendatang.

Daihatsu berencana akan mengeluarkan Xenia matik itu di sekitar pertengahan atau akhir bulan November mendatang.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Vice President Director ADM Sudirman MR di sela-sela workshop Group Astra di Bandung, Jumat (16/10/2009).

"Ya kami memang sedang menyiapkan Xenia otomatik itu dan rencananya akan
diluncurkan pada pertengahan atau akhir bulan besok," ungkapnya.

Lebih lanjut Sudirman juga membenarkan bahwa Xenia matik yang akan mereka
keluarkan itu berbeda dengan Avanza matik yang lebih dahulu hadir. Karena bila Avanza matik mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc, Xenia matik akan menggunakan mesin berkapasitas hanya 1.300 cc.

"Serinya Xi dengan mesin 1.300 cc," ujarnya.

Filed under: Gosip No Comments
17Jul/090

Daihatsu Coo / Materia Akan Masuk Indonesia Lewat Importir Umum

OTOMOTIFNET - Masih ingat sama Daihatsu Coo? Itu lo multi purpose vehicle (MPV) kompak bertampang kotak yang dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 lalu. Ada kabar mobil itu bakal dijajal oleh seorang petinggi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ATPM Daihatsu di Tanah Air.

Kabarnya lagi, kalau mobil yang punya nama lain Materia ini masuk ke Indonesia hanya lewat pintu IU (Importir Umum). Amelia Tjandra, marketing director ADM menuturkan saat peresmian used car center beberapa waktu lalu, kalau sementara ini belum punya rencana memasarkan Daihatsu Coo secara massal.

”Situasi pasar saat ini tak memungkinkan. Lagi pula, kami sebagai ATPM harus mempersiapkan secara matang infrastruktur pendukungnya secara nasional,” tutur Amelia.

Makanya, jika lewat pintu IU, maka ATPM tak punya beban untuk mempersiapkan layanan purna jualnya. Selain itu, Amelia menganggap menjual Daihatsu Coo yang berstatus Completely Built Up (CBU) akan susah mengingat harga pasti mahal. Maklum saja bea masuknya plus pajak sudah mencapai 40% saja.

Perlu diketahui, Daihatsu Coo sempat nongol di IIMS 2008 lalu dengan menggendong mesin 1.500 cc liter bertenaga 109 dk. Dimensinya cukup mini dengan panjang 3,8 meter, tinggi 1,69 meter dan lebar 1,64 meter. Kendati begitu, kabinnya cukup lega sampai sanggup menampung lima penumpang dewasa.

Kabarnya, mobil ini hadir di kuartal tahun ini dengan estimasi harga di atas Rp 200 juta.

Penasaran?

Filed under: Gosip No Comments