ENCAR DAIHATSU PALEMBANG (PT. ENCARTHA INDONESIA) | AYLA | XENIA | TERIOS | LUXIO | SIRION | GRANMAX MINIBUS PICK UP |
13May/150

Modifikasi Daihatsu Luxio Sloper

Agak canggung memang menyebut nama Daihatsu Luxio Sloper. Namun ketika tahu artinya, kita pasti akan paham. Nama Sloper diambil dari kata slope yang artinya dakian (tanjakan) atau bisa juga melandai. Tidak salah jika Luxio dilengkapi sloper atau bidang miring khusus sebagai akses masuk bagi pengguna kursi roda baik karena disabilitas atau lanjut usia.

Memang mobil yang dimodifikasi agar bisa memenuhi kebutuhan khusus ini mulai marak belakangan ini. Beberapa merek menyediakan va­rian khusus ini pada model yang sudah dipa­sarkan sebelumnya.

Daihatsu menyediakan varian khusus ini untuk Luxio. Menurut Satriyo Head Development Project Team PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Luxio terpilih mengadopsi konsep ini dibanding Gran Max berdasarkan hasil survei. "Kami pilih Luxio karena dari hasil survei ke rumah sakit dan keluarga-keluarga yang memiliki anggota difabel, rata-rata menggunakan Toyota Alphard atau Nissan Elgrand. Jadi inilah alasan kami memilih konsep sloper di MPV teratas kami Luxio."

Dibanding Gran Max, Luxio punya beberapa kelebihan. Yang terutama adalah desain pintu belakang yang terbuka ke atas. Dengan bukaan ke atas layaknya hatchback itu, Luxio jauh lebih mudah ketika membuka dan melipat sloper. Berbeda dengan Gran Max yang pintu belakangnya terbuka ke samping. Hal ini jelas mempersempit mekanisme kerja sloper.

Kehadiran Luxio Sloper perdana saat di Indonesia International Motor Show 2014 juga menuai respons positif. PT ADM bahkan memberi mobil ini tagline istimewa, exclusive wagon for handicap person.

Dedikasi bagi pengguna kursi roda agar tetap nyaman saat naik mobil jelas setimpal meski bobot mobil naik sampai 20 kg.

Mekanisme sloper di Luxio juga diklaim kokoh. Bagian ini telah dilengkapi sebuah kabel baja untuk menarik kursi roda yang bersumber tenaga dari motor listrik. Jika kursi roda dan orangnya sudah naik, maka kursi roda itu akan secara otomatis terkunci sehingga orang yang ada di kursi roda itu tetap aman selama berkendara. Satu lagi, kontrol sloper itu juga bisa dikendalikan via remote.

Mengacu pada Daihatsu Tanto buatan Daihatsu Motor Company di Jepang, sudut kemiringan sloper dianjurkan 14 derajat. Dikalkulasi dengan tinggi mobil, maka panjang sloper mencapai 2 meter.

Selain sloper, fitur pe­ngaman kursi roda juga sudah dipikirkan Daihatsu. Di kabin terdapat titik untuk mengunci kursi roda tersebut, sehingga selama perjalanan tidak berguncang atau meluncur ke belakang.

Meski banyak manfaat, akses kursi roda memang harus mengorbankan kompartemen di kabin. Pertama ialah jok di belakang pengemudi dan bangku baris ketiga bagian kanan. Sementara bangku baris ketiga di kiri dilipat agar akses masuk dan keluar pengguna kursi roda lebih leluasa.

Luxio Sloper hadir dalam warna eksterior Metallic Black dan sentuhan Elegant Leather di interior. Jika Anda menginginkan prototipe ini, biaya modifikasinya diperkirakan mencapai Rp 100 juta. Maskapai pe­nerbangan terbesar milik pemerintah Indonesia bahkan sudah menggunakan 2 unit sloper di Bandara Soetta untuk membawa orang sakit atau difabel.

Sumber: Autobild

Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

No trackbacks yet.